Seputar Teknik Geomatika

Sabtu, 21 Februari 2015 5 komentar
TEKNIK GEOMATIKA


Kemungkinan besar teman-teman yang membaca artikel atau yang sedang cari-cari informasi tentang jurusan yang ingin diambil belum tahu sama sekali tentang apa itu Teknik Geomatika. Saya yakin bagi teman-teman yang memiliki  passion dibidang engineering, hanya tahu dan pernah mendengar jurusan teknik yang telah lama booming seperti teknik Elektro,Kimia,Mesin, Fisika, Sipil ataupun Arsitektur, iya bukan???.
Tapi bagi teman-teman yang ingin tahu tentang apa itu jurusan teknik Geomatika dan hal-hal apa saja yang dipelajari, bolehlah baca-baca artikel ini. Saya akan berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui blog ini seputar apa-apa saja yang berhubungan dengan teknik Geomatika, walaupun sebenarnya saya juga masih awam dan pemula dibidang Geomatika. 

Apa definisi dari Geomatika ?
Geomatika adalah suatu kajian keilmuan dan rekayasa yang mengacu kepada pendekatan terpadu dari kegiatan mengukur, menganalisis, mengelola, menyimpan dan menyajikan deskripsi dan lokasi dari data berbasis muka bumi (georeferenced) atau yang sering disebut sebagai data spasial.   (Panduan Akademik Teknik Geomatika SV UGM 2012). Untuk lebih jelasnya begini, di bidang geomatika itu dilakukan pengumpulan data melalui pengukuran langsung dilapangan, lalu disimpan, diproses dan di sajikan dengan software kedalam bentuk produk akhir berupa peta.

Kompetensi apa yang dipelajari dibidang Geomatika ?
Secara  garis besar, ketika nantinya teman-teman kuliah di jurusan teknik geomatika akan mempelajari 3 kompetensi dasar yaitu surveying positioning mapping, geo-information, dan foto-remote sensing

Surveying, Positioning and Mapping
Di kompetensi dasar yang satu ini, para mahasiswa nantinya diwajibkan untuk mengambil data ukur secara langsung kelapangan dengan menggunakan alat-alat ukur seperti teodolite, waterpass, dan GPS. Ketelitian dan keseriusan mahasiswa sangat diperlukan dalam kompetensi ini untuk mendapatkan data ukur yang berkualitas. Selain itu, kreativitas mahasiswa dalam mendesain area ukur sangat menentukan dalam kompetensi ini. Cocok bagi teman-teman yang suka menjadi anak lapangan dan gemar menggambar. It's so fun!!

Geo-Informatika (SIG)
Berbeda dengan kompetensi sebelumnya, kali ini mahasiswa kebanyakan berkutat mencari dan menggolah data di dalam laboratorium. Di kompetensi ini, mahasiswa lebih diutamakan untuk bagaimana mengolah dan menampilkan data ukur/geospasial yang sudah ada menjadi sebuah peta yang informatif. Dengan kata lain, mahasiswa dituntut untuk dapat menampilkan data ukur dalam bentuk peta yang mudah dibaca dan digunakan oleh pengguna. Jadi teman-teman, kreativitas dan selera estetik menjadi kunci di kompetensi ini.

Foto & Remote Sensing
Mahasiswa akan "bermain-main" dengan yang namanya data citra foto dan satelite. Disini mahasiswa akan banyak sekali menggunakan software-software pengolah citra seperti Er Mapper, ENVI, ERDAS dan lain-lain. Mata mahasiswa akan terbuka lebar dengan betapa praktisnya menggunakan data citra untuk membuat sebuah produk berupa peta.

Bagaimana prospek kerja dari sebaran alumni yang sudah ada ?
Nantinya seluruh alumni yang telah bekerja akan menjadi seorang Surveyor dengan pengecualian bekerja di perusahaan yang ada kaitannya dengan pengukuran dan pengolah data geospasial. 
Berikut daftar-daftar lembaga, badan dan pihak-pihak yang membutuhkan jasa lulusan Teknik Geomatika :
1. BAPPEDA ( Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah )
2. BPN ( Badan Pertanahan Nasional )
3. BIG ( Badan Informasi Geospasial )
4. LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional )
5. BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana )
6. Departemen Transmigrasi
7. Departemen Pekerjaan Umum
8. Konsultan Teknik
9. dll
Selain lembaga-lembaga diatas, masih banyak perusahaan-perusahaan  tambang, minyak dan migas nasional/asing yang membutuhkan jasa-jasa alumni teknik Geomatika. Di bawah ini  terdapat diagram sebaran alumni Teknik Geomatika yang terbaru di salah satu PTN di indonesia.

Daftar jurusan Teknik Geomatika di PTN & PTS Indonesia
Jurusan Geodesi/Geomatika yang ada di PTN di indonesia :
1. Teknik Geomatika SV UGM
2. Teknik Geodesi & Geomatika UGM
3. Teknik Geodesi & Geomatika ITB
4. Teknik Geodesi & Geomatika UNDIP
5. Teknik Geomatika ITS
6. Teknik Geodes ITERA
Jurusan Geodesi/Geomatika yang ada di PTS di indonesia :
1. Teknik Geodesi UNILA
2. Teknik Geodesi ITP
3. Teknik Geodesi ITENAS/ITN
4. Teknik Geodesi UNPAK

Nah, itulah informasi seputar jurusan Teknik Geomatiika yang bisa saya bagikan kepada teman-teman yang membaca artikel ini. Akan tetapi apabila ada dari teman-teman pembaca yang ingin bertanya tentang hal-hal seputar Geomatika yang belum tercantum didalam artikel ini, silahkan berkomentar di kotak komentar yang sudah ada atau menghubungi saya lewat email.

Trimakasih.


5 komentar:

  1. mas, sy dari s1 ilmu komputer, apakah bisa melanjutkan s2 jurusan geomatika?

    BalasHapus
  2. peserta sbmptn yang ambil jurusan teknik geomatika ini kira kira mata pelajaran saintek apa yang diprioritaskan? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matematika dan Fisika mbak Hanna Firdaus

      Hapus
  3. Kalau ada yang perlu ditanyakan, silahkan post di kolom komentar

    BalasHapus

 

©Copyright 2011 My life and knowledge | TNB